Surah Al-Lahab dalam Al-Qur’an

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Nabi Muhammad saw. merupakan Nabi yang mulia dan pilihan di antara para Nabi lainnya. Beliau selalu berpesan kepada umatnya untuk berpedoman pada Al-Quran dan Sunnah Nabi. Maksudnya, agar umat Islam menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai acuan atau pedoman dalam menjalani kehidupan dan meyelesaikan permasalahan.

Hal tersebut dikarenakan kitab suci Al-Qur’an berisi berbagai pedoman hidup, baik dari segi agama, pengetahuan, hubungan antarmanusia, kisah-kisah penting umat terdahulu, dan berbagai hal lainnya.

Surah Al-Lahab dalam Al-Qur’an

Dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, manusia akan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Kali ini admin sedikit akan mengurai arti dan isi kandungan surah Al-Lahab sebagaimana di bawah ini;

Lafal dan arti Surah Al-Lahab;

تَبَّتۡ يَدَآ أَبِي لَهَبٖ وَتَبَّ ١  مَآ أَغۡنَىٰ عَنۡهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ ٢  سَيَصۡلَىٰ نَارٗا ذَاتَ لَهَبٖ ٣  وَٱمۡرَأَتُهُۥ حَمَّالَةَ ٱلۡحَطَبِ ٤ فِي جِيدِهَا حَبۡلٞ مِّن مَّسَدِۢ ٥

“1. Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa[*]
2. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan
3. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak
4. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar[**]
5. Yang di lehernya ada tali dari sabut”.



Keterangan:
[*]. Yang dimaksud dengan kedua tangan Abu Lahab adalah Abu Lahab sendiri.
[**]. Pembawa kayu bakar dalam bahasa Arab adalah kiasan bagi penyebar fitnah. Istri Abu lahab disebut pembawa kayu bakar karena dia selalu menyebarkan fitnah untuk menjelek-jelekkan Nabi Muhammad saw. dan kaum muslimin.


Surah Al-Lahab merupakan surah yang ke-111 dalam Al-Qur’an, terdapat dalam juz ke-30, dan terdiri dari 5 ayat.

Surah Al-Lahab termasuk surah Makiyah dan diturunkan setelah surah Al-Fath. Selain itu, surah ini juga dikenal dengan nama surah Al-Masad.

Kandungan surah Al-Lahab

Nama surah Al-Lahab diambil dari kata al-Lahab yang terdapat pada ayat ketiga dan memiliki arti api yang bergejolak. Nama Al-Lahab juga sama dengan nama paman Nabi saw., yaitu Abu Lahab atau Abdul Uzza bin Abdul Mutholib.

Selain itu, menurut beberapa riwayat dijelaskan bahwa surah Al-Lahab diturunkan berkaitan dengan kisah Abu Lahab dan istrinya, Arwa yang selalu menentang dakwah Rasulullah.

Peristiwa ini terjadi saat Rasulullah akan berdakwah secara terang-terangan pertama kalinya. Rasulullah mengumpulkan kaum Quraisy di bukit Shafa dan menyerukan tentang peringatan bahwa siksa Allah yang dahsyat akan datang dan perintah untuk menyeru bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Namun, seruan Rasulullah tersebut dibalas dengan teriakan dan makian oleh Abu Lahab. Kemudian,turunlah firman Allah ini (surah Al-Lahab ayat 1-5).
Baca juga: Surah Al-Ikhlas dalam Al-Qur'an
Surah Al-Lahab ini berisi tentang kecelakaan bagi Abu Jahal. Segala usaha dan kekayaan yang dimilkinya tak berguna dan tak dapat menyelamatkannya dari api neraka yang bergejolak.

Begitu pula dengan istrinya, Arwa yang senantiasa memfitnah Rasulullah dan umat Islam. Mereka berdua akan mendapatkan siksaan di neraka karena perbuatannya tersebut.

Berdasarkan arti dan penjelasan di atas, dapat disimpulkan beberapa kandungan dalam surah Al-Lahab sebagai berkut;
1. Berisi tentang kisah Abu Lahab dan istrinya yang selalu menentang dakwah Rasulullah saw..
2. Abu Lahab dan Istrinya akan masuk neraka dikarenakan ulah mereka sendiri.
3. Harta Abu Lahab tidak akan berguna untuk keselamatannya, demikian pula segala usahanya akan sia-sia.

Selain ketiga kandungan dia atas, surah Al-Lahab juga mengisyaratkan bahwa kemusyrikan tidak dapat dpertahankan dan tidak akan menang walaupun pendukung-pendukungnya senantiasa bekerja keras untuk menghancurkan umat dan ajaran Islam. Wallahu A’lam.

Sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surah Al-Lahab dalam Al-Qur’an"

Post a Comment