Seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran (PBTQ) Tahun 2017

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Program Beasiswa Tahfidz al-Qur'an (PBTQ) Kementerian Agama RI-UICCI adalah bentuk pelaksanaan kerjasama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki/ United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey (UICCI) dalam pengembangan kemampuan santri dibidang Qira'at al-Qur'an, Tahfidz al-Qur'an, Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman (Aqidah, Akhlaq, Tasawwuf, Fiqh, Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab), serta Bahasa Turki.

PBTQ dilaksanakan dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan bagi peserta yang lulus seleksi untuk mengikuti program pendididkan non-degree di Indonesia dan Turki.

Seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran

Penyelenggara Program

Penyelenggara PBTQ Kementerian Agama RI-UICCI adalah Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yneg bekerjasama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki/ United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey (UICCI).

Kelompok Program

PBTQ Kementerian Agama RI-UICCI dilaksanakan dalam 2 (dua) kelompok program, yaitu Program Tahfizh Kelompok Usia 18-22 Tahun dan Program Kelompok Tahfizh Usia 14-18 Tahun.

1. Program Tahfizh Kelompok Usia 18-22 Tahun

Program Tahfizh Kelompok Usia 18-22 Tahun ditujukan bagi mereka yang telah menyelesaikan hafalan al-Qur'an 30 Juz, lancar membac al-Qur'an sesuai kaidah membaca al-Qur'an yang baik dan benar, serta memiliki dasar pengetahuan bahasa Arab.

Peserta yang lulus seleksi Program Tahfizh Kelompok Usia 18-22 Tahun akan mengikuti layanan pendidikan sebagai berikut:

a. Pendidikan di Indonesia
Peserta yang lulus seleksi akan diberikan layanan pendidikan selama 1 (satu) tahun pada lembaga pendidikan yang ditunjuk oleh Kementerian Agama di Indonesia untuk memantapkan tahfizh al-Qur'an 30 (tiga puluh) juz, bahasa Arab dan bahasa Turki.

b. Pendidikan di Turki
Setelah menyelesaikan penddikan di Indonesia, peserta program akan mengikuti layanan pendidikan di Turki selama 3 (tiga) tahun untuk mendalami tahfizh al-Qur'an, pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki.

c. Masa Pengabdian
Setelah menyelesaikan pendidikan di Turki, peserta program diwajibkan untuk mengabdi sekurangnya selama 1 (satu) tahun dalam rangka mengembangkan pengetahuannya di:
  • 1). Pondok pesantren Tahfizh al-Qur'an di Indonesia dengan ketentuan yang diatur oleh Kementerian Agama RI.
  • 2). Lembaga pendidikan yang dikerjasamakan oleh UICCI di sejumlah negara, dengan persetujuan dan ketentuan yang diatur oleh Kementerian Agama RI.

d. Paska Pengabdian
Setelah masa pengabdian, peserta program dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau pengembangan program lainnya.

2. Program Tahfizh Kelompok Usia 14-18 Tahun

Program Program Tahfizh Kelompok Usia 14-18 Tahun ditujukan bagi mereka yang telah menyelesaikan hafalan al-Qur'an 1 Juz sekurang-kurangnya Juz 'Amma (Juz 30), serta lancar membaca al-Qur'an sesuai kaidah membaca al-Qur'an yang baik dan benar.

Peserta yang lulus seleksi Program Tahfizh Kelompok Usia 14-18 Tahun akan mengikuti layanan pendidikan sebagai berikut:

a. Pendidikan di Indonesia
  • 1). Peserta yang lulus seleksi akan diberikan layanan pendidikan selama 2 (dua) tahun pada lembaga pendidikan yang ditunjuk Kementerian Agama RI untuk dapat menghafal (tahfizh) al-Qur'an 30 juz, peningkatan kemampuan bahasa Arab dan Turki serta pendidikan keagamaan Islam.
  • 2). Di awal tahun ke-3, dilakukan seleksi peserta yang akan diberangkatkan ke Turki untuk mengikuti program lanjutan.
  • 3). Bagi peserta yang tidak lulus seleksi program lanjutan ke Turki, bagi yang belum memiliki ijazah pendidikan menengah (MA/sederajat) dan memenuhi ketentuan diwajibkan tetap mengikuti pendidikan di Indonesia selama 1 (satu) tahun untuk menyelesaikan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C/Muadalah.
  • 4). Bagi peserta yang tidak lulus seleksi program lanjutan ke Turki, setelah menyelesaikan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C/Muadalah, dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pengembangan program lainnya. 

b. Pendidikan di Turki

Peserta yang telah mengikuti pendidikan di Indonesia selama 2 (dua) tahun dan lulus seleksi program lanjutan ke Turki akan mengikuti layanan pendidikan di Turki selama 3 (tiga) tahun untuk mendalami tahfizh al-Qur'an, pengetahuan keagamaan Islam, serta kemampuan berbahasa Arab dan Turki.

c. Masa Pengabdian

Setelah menyelesaikan pendidikan di Turki, peserta program diwajibkan untuk mengabdi sekurangnya selama 1 (satu) tahun dalam rangka mengembangkan pengetahuannya di:
  • 1). Pondok pesantren Tahfizh al-Qur'an di Indonesia dengan ketentuan yang diatur oleh Kementerian Agama RI.
  • 2). Lembaga pendidikan yang dikerjasamakan oleh Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia-Turki/ United Islamic Cultural Centre of Indonesia-Turkey (UICCI). di sejumlah negara, dengan persetujuan dan ketentuan yang diatur oleh Kementerian Agama RI.

d. Paska Pengabdian

Setelah masa pengabdian, peserta program dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau pengembangan program lainnya.

#Fasilitas Beasiswa

Peserta yang lulus seleksi dan mengikuti program akan mendapatkan;

1). Layanan pendidikan termasuk akomodasi dan konsumsi selama mengikuti pendidikan yang ditanggung oleh UICCI;

2). Transport keberangkatan dan kepulangan untuk mengikuti layanan pendidikan di Turki yang ditanggung oleh Kementerian Agama RI.

#Tempat Penyelenggaraan Program

Pendidikan di Indonesia diselenggarakan di sejumlah pesantren Sulaimaniyah yang dikembangkan oleh UICCI.

Peserta seleksi dapat mengusulkan pesantren Sulaimaniyah dimaksud sebagai tempat penyelenggaraan program di Indonesia yang hendak diikuti dengan pilihan pesantren (lihat lampiran).

#Seleksi

Seleksi Seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al-Qur'an (PBTQ) adalah sbb:

1). Pendaftaran Calon peserta seleksi akan dimulai tanggal 13 Maret - 13 Mei 2107 secara online di website http://www.uicci.org;

2). Seleksi akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, dengan jadwal sebagai berikut;
  • a. Seleksi Tahap I, berupa tes tulis dan bacaan al-Qur'an dilaksanakan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi yang ditunjuk pada tanggal 26 Mei 2017. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 01 Juni 2017 melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan website http://www.kemenag.go.id/.
  • b. Seleksi Tahap II, berupa masa orientasi pada Pesantren Sulaimaniyah yang ditunjuk pada tanggal 07 Juni 2017 sampai dengan 11 Juni 2017. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 01 Juni 2017 melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan website http://www.kemenag.go.id/.

3). Pelaksanaan Pendidikan dimulai tanggal 09 Juli 2017.

Untuk informasi lebih lengkap tentang ketentuan pelaksanaan dan persyaratan lainnya, silahkan unduh lampiran di akhir postingan. Demikian informasi beasiswa yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih, wassalamu'alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seleksi Program Beasiswa Tahfidz Al-Quran (PBTQ) Tahun 2017"

Post a Comment