9 Langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendikia 2017

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Setelah resmi dibukanya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia secara online, baik lewat komputer/laptop maupun perangkat lunak android, ada sembilan langkah pendaftaran PPDB MAN IC yang harus dilakukan bagi pendaftar.

1. Pembuatan Akun
Untuk dapat melakukan pendaftaraan PPDB secara online, peserta diharuskan untuk membuat akun PPDB Online. Pembuatan akun PPDB Online menggunakan nama lengkap, tanggal lahir, email dan NIK calon peserta PPDB.

Langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendikia 2017

2. Mengisi Formulir PPDB
Setelah akun dibuat, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir PPDB. Formulir PPDB berisi mengenai informasi peserta PPDB Online secara lengkap.

3. Memilih Jalur PPDB Online
Secara umum terdapat dua jalur PPDB Online, yaitu jalur Tes dan jalur Prestasi. Terdapat dua tipe jalur tes, yaitu jalur Reguler dan juga jalur Hafiz. Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur tanpa tes, apabila peserta dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai siswa berprestasi, maka akan diterima ke Man Insan Cendekia secara langsung.

4. Input Data dan Rekomendasi Madrasah/Sekolah Asal
Peserta mengisi data mengenai asal madrasah atau sekolah sesuai form yang ada. Dalam menu ini peserta diwajibkan untuk upload surat rekomendasi dari madrasah atau sekolah asal. Bagi peserta yang memilih jalur Hafiz akan diminta untuk mengisi formulir tambahan mengenai data hafalan AlQuran. Sedangkan bagi peserta yang memilih jalur prestasi akan mengisi formulir tambahan mengenai data prestasi yang telah dicapai.

5. Memilih MAN Insan Cendekia
Peserta memilih MAN Insan Cendekia sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi.

6. Input Nilai Rapor Semester 1-5
Pada tahap ini peserta mengisikan nilai rapor pada semester 1-5 dari sekolah atau madrasah asal. Nilai yang diinputkan mengguanakan skala 0-100. Apabila nilai rapor dari sekolah atau madrasah asal menggunakan skala 1-4, maka diperlukan untuk konversi skala nilai adri skala 1-4 menjadi 0-100. Konversi dapat nilai dilakukan oleh sekolah atau madrasa asal.

7. Upload Dokumen
Secara umum terdapat 3 dokumen yang harus diupload, yaitu upload pas foto, upload rapor kelas IX semester 1 (gasal), dan juga akta kelahiran. Bagi calon peserta kurang mampu akan diminta untuk menyertakan bukti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), atau kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam bentuk JPG/PNG sesuai kartu yang dimiliki.

8. Memilih Lokasi Tes.
Peserta juga harus menentukan atau memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB.Memilih Lokasi Tes Memilih lokasi dilaksanakannya tes PPDB.

9. Cetak Kartu Pendaftaran
Jika seluruh formulir telah diisikan dengan baik dan benar, maka peserta dapat mencetak kartu pendaftaran sebagai bukti telah terdaftar dalam PPDB Online.

Untuk lebih jelasnya informasi tentang jadwal pelaksanaan PPDB, persyaratan, mekanisme pendaftaran, dan langkah-langkah pendaftaran silahkan unduh Pedoman Pendaftaran PPDB MAN Insan Cendikia DI SINI.

Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Langkah Pendaftaran Online MAN Insan Cendikia 2017"

Post a Comment