Tiga Tanda-Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul Di Mekkah, WAllahu A’lam

Assalamu'alaikum.wr.wb.

Kiamat merupakan salah Rukun Iman ke yang lima dan pasti akan terjadi. Namun tidak ada satu pun makhluk di dunia ini yang mengetahui kapan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta ini.

Akan tetapi sesungguhnya Allah SWT sudah mengabarkan tanda-tandanya melalui Rasul-Nya SAW. Dan kita sebagai umat islam harus mempercayainya tanpa keraguan sedikitpun.

Adalah Mekkah, salah satu tempat di muka bumi yang disebut Nabi SAW sebagai isyarah atau pertanda bahwa kiamat sudah semakin dekat.

Pertanda yang disebutkan Nabi ini dahulu memang dianggap mustahil terjadi. Namun apa yang terjadi di Kota Mekkah saat ini, benar-benar menunjukan kondisi seperti apa yang diucapkan dan digambarkan oleh Rasulullah SAW.

Diantara tanda-tanda kiamat yang telah muncul di Mekkah sebagaimana diriwayatkan Nabi adalah sebagai berikut ;

1. Bangunan Tinggi Melebihi Gunung

Nabi Muhammad SAW mengabarkan bahwa salah satu tanda bahwa kiamat sudah dekat adalah ketika di banyak bangunan yang tingginya melebihi gunung. Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa bangunan-bangunan tingginya begitu menjulang.

Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: “pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr,”

Lalu beliau berkata: “Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Arzaqi).

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda:  "Kiamat tidak akan terjadi hingga gunung-gunung hilang dari tempatnya dan kalian melihat perkara besar yang belum kalian lihat" (HR.Thabrani).

Di riwayat yang lain juga Nabi bersabda ;

وَإِذَا تَطَاوَلَ رِعَاءُ الْبَهْمِ فِي الْبُنْيَانِ فَذَاكَ مِنْ أَشْرَاطِهَا

“Jika para penggembala kambing berlomba-lomba meninggikan bangunan, maka itulah di antara tanda-tandanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Pada zaman kehidupan Nabi, Kota Mekkah masih sangat tandus dan tidak terbayang akan berdiri bangunan-bangunan tinggi seperti saat ini.
Tiga Tanda-Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul Di Mekkah, WAllahu A’lam
Bangunan Tinggi Melebihi Gunung
Sekarang Mekkah tak ubahnya seperti Las Vegas di Amerika Serikat, bahkan di halaman Masjidil Haram akan dibangun mega proyek Mecca Royal Clock Hotel Tower. Sebuah bangunan yang mempunyai tinggi sekitar lebih dari 601 meter dan hanya selisih 200 meter dari gedung tertinggi dunia saat ini, yaitu Al Burj Khalifa Dubai.

Dan pada saat ini juga Arab Saudi tengah membangun gedung tertinggi di dunia hingga menembus awan. Rencananya, tinggi gedung bernama Jeddah Tower ini lebih dari 1 kilometer (Km) dan akan mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini memegang rekor di Guinness World Record sebagai gedung tertinggi dunia yang ada di Dubai.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa pada suatu hari malaikat Jibril menemui Rasullullah Saw dengan wujud manusia, Ia datang dengan mengenakan pakaian yang teramat putih warna rambut yang hitam kelam, Ia datang berdialog dengan Rasullullah dan memberikan pengajaran kepada sahabat.

Jibril bertanya tentang Islam, Iman , dan Ihsan kemudian Jibril bertanya tentang tanda kiamat, di antara jawaban Nabi adalah:

وَأَنْ تَرَى الْحُفَاةَ الْعُرَاةَ الْعَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُونَ فِي الْبُنْيَانِ

"Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir dan pengembala kambing (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi" (HR.Bukhari)

Di hadist lain di sebutkan, dalam riwayat Imam Ahmad dari Ibnu Abbas bertanya :


يَا رَسُـولَ اللهِ، وَمَنْ أَصْحَابُ الشَّاءِ وَالْحُفَاةُ الْجِيَـاعُ الْعَالَةُ قَالَ: اَلْعَرَبُ

"Wahai Rasullullah, dan siapakah para pengembala, orang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu" Beliau menjawab "Orang arab" (Musnad Ahmad, IV/332-334,NO 2926)

2. Gunung-Gunung di Mekkah Mulai Berlubang 

Nabi juga menjelaskan bahwa kiamat akan terjadi jika gunung-gunung di Kota Mekkah sudah berlubang. Hal ini tentu sulit dipahami oleh masyarakat pada masa kehidupan Nabi. Namun ternyata hal itu sudah terjadi saat ini.
Tiga Tanda-Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul Di Mekkah, WAllahu A’lam
Gunung-Gunung Berlubang
Gunung-gunung di Kota Mekkah kini sudah berlubang dalam bentuk terowongan. Makkah juga dijuluki Kota Terowongan karena memiliki puluhan terowongan. Pada tahun 2011 saja, Makkah memulai pembangunan 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan.

Sebanyak 10 di antaranya merupakan terowongan pejalan kaki dan sisanya untuk kendaraan bermotor. Jalur pejalan kaki dan kendaraan bermotor dibuat terpisah. Total panjang terowongan adalah 30 kilometer.

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW pernah bersabda “Jika kamu lihat gunung-gunung di Mekkah ada lubang yang menembusinya”

Selain itu,  Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: “Pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr”,

Lalu beliau berkata : "Bagaimana pendapat kalian, jika kalian hancurkan Ka’bah dan tidak menyisakan ada batu yang masih menumpuk?

Mereka menjawab : “Oleh kita yang beragama Islam?”

Beliau menjawab : “benar, kalian yang beragama Islam.”

Seseorang bertanya : “Lalu apa lagi?

Beliau menjawab : “kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu.” 

3. Bayangan Ka'bah Tidak Lagi Tampak

Baginda Rasulullah SAW juga bersabda bahwa kiamat akan terjadi jika Al-Sa’ah telah membentang bayangannya sehingga bayangan Ka’bah tidak lagi tampak. Al-Sa’ah sendiri merupakan salah satu dari pengertian kiamat.
Tiga Tanda-Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul Di Mekkah, WAllahu A’lam
Bayangan Ka'bah
Dalam bahasa arab, As-Sa'ah juga diartikan sebagai jam. Karena itu bisa saja kiamat akan terjadi jika bayang-bayang menara jam telah menutupi Ka'bah sehingga bayangan ka'bah tak lagi tampak.

Dan faktanya, sekarang bayang-bayang dari Menara jam Mecca Royal Clock Hotel Tower memang benar-benar sudah menutupi Ka’bah. WAllahu A’lam.

Wassalamu'alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Tanda-Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul Di Mekkah, WAllahu A’lam"

Post a Comment