30-31 Oktober 2016, Ditjen Pendis Gelar Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Dalam rangka mengembangkan potensi murid madrasah dalam menguasai ilmu pengetahuan-teknologi secara kreatif, inovatif dan mandiri maka Direktorat Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendis akan melaksanakan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah untuk kali keduanya pada 30-31 Oktober 2016 mendatang di Mall Of Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

30-31 Oktober 2016, Ditjen Pendis Gelar Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah

"Program unggulan Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 ini diharapkan memberikan pengaruh signifikan bagi terwujudnya semangat belajar siswa madrasah, khususnya di bidang teknologi, robotika dan otomasi," kata Direktur Pendidikan Madrasah, Nur Kholis Setiawan, dalam catatan Panduan Pelaksanaan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah (10/2016).

Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah yang dilaksanakan secara "limited edition" ini hanya membatasi total kepesertaan 135 orang dengan penentuan prioritas peserta berdasarkan pendaftar tercepat dengan mempertimbangkan kuota per daerah (provinsi).

"Keseluruhan jenjang MI, MTs dan MA masing-masing 15 tim yaitu dengan 30 orang peserta dan pendamping 15 orang. Jadi setiap jenjang 45 orang peserta. Setiap 1 tim tersebut terdiri atas 2 orang peserta plus 1 guru pendamping," terang Guru Besar UIN Sunan Kalijaga tersebut.
Baca juga: Gebyar Hari Santri, Sebanyak 40.128 Santri TulisMushaf Al Qur`an
Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta diharuskan mendaftar secara online melalui website madrasah.kemenag.go.id paling lambat Hari Senin, tanggal 24 Oktober 2016, pukul 23.59. Peserta pun juga harus mengirim berkas persyaratan via email ke lombarobotmadrasah@gmail.com berupa; pasfoto 6 × 4 sebanyak 2 lembar, fotocopy raport yang telah dilegalisir dan surat rekomendasi/tugas dari instansi yang berwenang. Hard copy-nya pun harus diserahkan pada saat registasi pada tanggal 30 Oktober 2016.

Untuk jenis kompetisi yang akan dipertandingkan adalah ; tingkat MI : Imagination Model Robot. Tingkat MTs : Mobile Line Tracing Robot. Dan tingkat MA : Mobile Challenge Robot. Pada pelaksanaan kompetisi ini, peserta dapat menggunakan robot yang telah disiapkan oleh panitia dan/atau membawa peralatan robotik sendiri.

Bagi para juara dengan masing-masing tingkatan, panitia menyediakan hadiah berupa Tropi, Kit Robotika, Uang Pembinaan dan perjalanan ke Jerman (Juara I untuk MTs dan MA). Untuk hadiah uang pembinaan, Juara I : 7juta. Juara II : 5juta. Juara III : 3juta. (@viva_tnu/ra) #pendis.kemenag.go.id

Sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "30-31 Oktober 2016, Ditjen Pendis Gelar Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah"

Post a Comment