Surah Al-Qadar dalam Al-Qur’an

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Al-Qur’an adalah kitab Allah yang diturunkan secara berangsur-angsur dan bernilai ibadah dengan membaca, mengkaji dan mengamalkannya.

Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada malam lailatul qadar, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam yang penuh kemuliaan. Hal itu diterangkan dalam Surah Al-Qur’an.

Sebagai umat Islam, kita diperintahkan untuk membaca dan mengamalkan kandungan al-Qur’an. Perintah membaca itu ada dalam surah Al-‘Alaq ayat 1-5.

Surah Al-Qadar

Surah Al-Qadar dalam Al-Qur'an

Surah Al-Qadar adalah salah satu surah dalam juz 30 yang turun sebelum peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. Karena turun sebelum hijrah nabi, Al-Qadar termasuk dalam kategori surah Makkiyah.

Berdasarkan urutannya dalam Al-Qur’an, surah Al-Qadar masuk dalam urutan ke-97, yaitu sebelum surah Al-Bayyinah dan setelah surah Al-‘Alaq. Nama Al-Qadar diambil dari ayat pertama yang secara bahasa artinya kemuliaan.

Surah Al-Qadar terdiri atas 5 ayat sebagaimana di bawah ini;


بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ ١ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ ٢ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ ٣ تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ ٤ سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ ٥


Artinya:
1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan
2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu
3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan
4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan
5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Mengetahui Kandungan Surah Al-Qadar
Membaca surah-surah Al-Qur’an mendapatkan pahala dan dinilai sebagai ibadah. Meski demikian, tentu tidak cukup bagi kita hanya dengan membacanya. Mengetahui arti dari ayat-ayat Al-Qur’an akan membuat kita lebih mudah memahami kandungan ayat yang terdapat dalam surah tersebut.

Malam Kemuliaan yang disebutkan dalam ayat-ayat surah Al-Qadar biasa kita sebut lailatul qadar. Di antara kita banyak yang mengartikan lailatul qadar sebagai malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya wahyu Al-Qur’an.

Seorang muslim yang beribadah dan beramal shaleh pada malam itu dengan niat yang lurus mencari keridhaan Allah SWT., nilainya lebih baik daripada beribadah seribu bulan.
Baca juga: Surah Al-Kafirun dalam Al-Qur'an
Dalam hitungan matematis, seribu bulan itu kurang lebih sekitar 83 tahun. Dengan demikian, jika seorang muslim mendapatkan lailatul qadar sama artinya ia telah beribadah dengan pahala yang lebih baik dari pahala ibadah sejumlah 83 tahun lamanya.

Pada malam itu pula, para malaikat dipimpin malaikat Jibril turun ke bumi. Dan Allah SWT. banyak sekali melimpahkan anugerah-Nya, yaitu dengan memberikan ampunan pada hamba-hambanya yang memohon ampun kepada-Nya.

Setelah mengetahui kemuliaan yang tersimpan dalam lailatul qadar, hendaknya kita sebagai umat Islam lebih bersemangat dalam mengejar keutamaan malam tersebut.
Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya untuk banyak melakukan ibadah, seperti iktikaf, salat tahajud, membaca Al-Qur’an, dan mengikuti pengajian pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Karena salah satu malam dari sepuluh hari itu diperkirakan merupakan salah satu dari lailatul qadar.

Sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surah Al-Qadar dalam Al-Qur’an"

Post a Comment