Surah Al-Kafirun dalam Al-Qur’an

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Surah Al-Kafirun merupakan surah yang ke-109 dan terdapat dalam juz ke-30. Surah Al-Kafirun terdiri dari 6 ayat dan termasuk surah Makiyah yang diturunkan setelah surah Al-Ma’un.

Surah Al-Kafirun dalam Al-Qur’an

Lafal dan arti Surah Al-Kafirun

قُلۡ يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡكَٰفِرُونَ ١  لَآ أَعۡبُدُ مَا تَعۡبُدُونَ ٢  وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٣  وَلَآ أَنَا۠ عَابِدٞ مَّا عَبَدتُّمۡ ٤ وَلَآ أَنتُمۡ عَٰبِدُونَ مَآ أَعۡبُدُ ٥  لَكُمۡ دِينُكُمۡ وَلِيَ دِينِ ٦

Artinya;
1. Katakanlah: "Hai orang-orang kafir
2. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
3. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah
4. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah
5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah
6. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku"

Kandungan Surah Al-Kafirun

Nama surah Al-Kafirun diambil berdasarkan lafal al-Kafirun yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Lafal al-Kafirun berarti orang-orang yang kafir. Hal ini berkaitan dengan tindakan yang dilakukan oleh orang-orang kafir untuk membujuk nabi Muhammad saw..

Dalam beberapa riwayat dijelaskan bahwa orang-orang kafir melakukan berbagai upaya untuk menghentikan dakwah Rasulullah. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah berupa tawaran kepada Rasulullah untuk menyembah berhala yang mereka sembah, dan mereka akan menyembah Tuhan (Allah) yang disembah rasulullah.

Bahkan mereka juga mengatakan akan menjadikan Rasulullah sebagai pimpinan mereka. Karena peristiwa ini, turunlah Surah Al-kafirun ayat 1-6 yang berisi penolakan terhadap tawaran orang-orang kafir.
Baca juga: Surah Al-Lahab dalam Al-Qur'an
Surah ini menegaskan bahwa Tuhan (Allah) yang disembah Rasulullah berbeda dengan Tuhan (berhala) yang disembah oleh orang-orang kafir. Selain itu, Rasulullah juga tidak akan pernah menyembah Tuhan yang disembah oleh orang-orang kafir.

Berdasarkan arti dan penjelasan di atas, dapat disimpulkan beberapa kandungan dalam surah Al-Kafirun sebagai berikut;
  • a. Pernyataan bahwa Tuhan yang disembah Nabi Muhammad saw. dan umatnya bukanlah apa yang disembah oleh orang-orang kafir.
  • b. Nabi Muhammad saw. tidak akan pernah menyembah apa yang disembah apa yang disembah oleh orang-orang kafir.


Selain kandungan di atas, surah Al-Kafirun juga mengisyaratkan bahwa semua usaha atau upaya yang dilakukan orang-orang kafir untuk menghentikan dakwah Rasulullah sia-sia belaka. Rasulullah tidak akan berhenti berdakwah, apalagi sampai ikut menyembah berhala yang disembah oleh orang-orang kafir.


Sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surah Al-Kafirun dalam Al-Qur’an"

Post a Comment