Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim di Madinah

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Cuaca Saudi Arabia jelang musim haji tahun ini memasuki musim panas. Bahkan di Madinah, suhu udara siang hari bisa mencapai 46 derajat celsius. Malam hari sekalipun masih terasa panas dengan suhu mencapai 36 derajat celsius. Ditambah dengan udara bercampur debu pasir halus, dapat mengganggu pernapasan.

Menghadapi cuaca yang relatif ekstrim seperti itu, jemaah haji Indonesia dihimbau selalu menjaga diri dari hal-hal yang dapat mengurangi kesehatan fisik maupun psikis.

Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim di Madinah

Hasil pantauan tim Media Center Haji  (MCH) di Klinik Kesehatan Haji Indonesia  (KKHI) di Madinah, Sabtu (13/8), sebagian pasien yang dirawat karena dehidrasi, disorientasi dan kaki melepuh karena kepanasan.

"Sebagian besar dari mereka karena kepanasan. Bahkan kondisi tersebut bisa memicu kambuhnya penyakit bawaan dari Tanah Air", kata Erwinsyah Erick, salah seorang dokter jaga di KKHI.
Baca juga: Saudi Panas, Jamaah Diimbau Biasakan Diri Minum Air Putih
Namun demikian dia mencoba memberikan beberapa tips sederhana agar jemaah haji dapat terhindar dari kondisi itu;

Pertama , bahwa kemana pun jemaah haji pergi sebaiknya dia selalu membawa botol minum, masker, semprotan air dan kantong plastik. "Bila diluar ruangan, minum air minimal satu gelas setiap jam dan semprot wajah setiap 30 menit" lanjut Erick.

Kedua, bila masuk Masjid Nabawi, masukan sendal dalam plastik dan bawa masuk. Letakkan dekat tempat jemaah shalat, jangan ditinggal di luar atau tempat kotak sandal. Hal itu bisa berpotensi lupa atau hilang.

Setelah berputar-putar mencari sandal dan putus asa, jemaah memutuskan pulang tanpa sandal melewati jalanan panas. Hal itulah yang menyebabkan beberapa jemaah harus dilarikan ke KKHI untuk mendapat penanganan karena kulit kakinya melepuh.

Ketiga, gunakan selalu masker bila bepergian. Hindari juga kontak dengan unta dikhawatirkan terpapar virus MERS.  Wallahu A’lam #kemenag.go.id

Sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Cuaca Ekstrim di Madinah"

Post a Comment