Aplikasi Quran in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya

Assalamu’alaikum.wr.wb.

Kegiatan menulis di Microsoft Office, baik ms word, excel ataupun power point dan aplikasi menulis lainnya bisa jadi sebuah rutinitas sehari-hari yang biasa Anda lakukan di depan laptop atau komputer.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai guru Agama Islam, baik qur’an hadis, fiqih, akidah akhlak, ski, bahasa arab ataupun Anda yang bukan seorang guru pun terkadang dihadapkan pada sebuah ayat/teks Al-Qur’an yang harus dituangkan dalam penulisan di sebuah lembaran ms word.

Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya

Bagi yang sudah terbiasa dan bisa menulis huruf Arab di ms word tentu ini bukan perkara yang sulit untuk dilakukan, tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa menulis kalimat arab tentu ini perkara yang membingungkan dan menyulitkan. Kecuali kalau Anda mau mencari dan  mencopy ayat Al-Qur’an tersebut dari sebuah artikel di internet, itu perkara lain.

Sesuai judul di atas kali ini admin serpendis akan berbagai sebuah aplikasi mungil nan ringan untuk membantu Anda yang kesulitan menulis/mengetik kalimat arab di lembaran ms word. Aplikasi ini biasa disebut Quran in ms word, berukuran sekitar 2,7mb saja.

Fungsi atau cara kerja aplikasi ini pada dasarnya adalah sebagai pendamping microsoft word, yaitu sebagai Add-ins tambahan di ms office dan hanya digunakan saat Anda membutuhkan menuangkan ayat/teks Al-Qur’an di sebuah lembaran ms office. Jadi, tinggal menginputkan tanpa perlu mengetikkannya.

Aplikasi Quran in ms word ini merupakan buatan seorang programmer di PT. Indosat/PT. Indosat Mega Media, yaitu Bapak Muhammad taufiq. Untuk versi terbarunya adalah Quran in ms word v.2.2.
Baca juga: Kemenag Luncurkan Aplikasi Al-Quran Digital

Aplikasi yang terbaru ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan versi sebelumnya, yaitu dapat diinstal pada berbagai versi Microsoft Word, mulai ms word 2003, 2007, 2010 dan 2013, bahkan saat admin serpendis mencobanya di windows 10 dan ms office 2016 aplikasi mungil ini masih tetap bisa digunakan.

Selain itu Aplikasi ini Insya Allah juga kompatibel dengan berbagai Sistem Operasi baik Windows XP, Windows Vista, Windows 7, windows 8 hingga windows 10 sebagaimana admin gunakan.

Fitur dan Kelebihan

Beberapa fitur dan kelebihan Quran in Word Versi 2.2 selain yang telah disebutkan di atas diantaranya adalah:
  • 1. Multi Bahasa, maksudnya tersedia plugin terjemahan dalam berbagai bahasa mulai dari Azerbaijan, Inggris, Indonesia, German, France, Italia, dan lain-lain.
  • 2. Huruf standar Unicode, Yaitu tulisan arab dapat diset dalam mode “unicode”, sehingga dapat dirubah-rubah jenis fontnya dengan model-model font yang tersedia dalam Microsoft Word, serta dapat dicopy-pastekan dengan mudah tanpa mengalami kerusakan ke berbagai program pengolah kata lainnya.
  • 3. Dengan tulisan standar unicode, hasil tulisan dapat dibuka di komputer lain tanpa mengalami kerusakan meskipun komputer tersebut tidak terinstal Quran in Word.
  • 4. Tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu mode Arabic + terjemah, arabic saja atau terjemah saja.
  • 5. Fitur pencarian surah dan ayat yang lengkap, jadi ketika akan mencari suatu surah atau ayat kita tinggal pilih surah atau ayat apa yang akan kita insert ke lembar kerja Word.

Jika Anda tertarik untuk mengunduhnya untuk disandingkan dengan ms word Anda silahkan langsung kunjungi laman resmi pembuatnya di http://taufiqproduct.com/download/7/download-quran-in-ms-word-version-22.

Satu hal yang perlu diingat sebelum Anda mengunduh aplikasi tesebut, perhatikan OS (Operasi Sistem) dan jenis Office yang terinstal di laptop atau komputer Anda.

Jika Anda pengguna OS 64bit dan Office 64bit unduh Quran in ms word versi 64bit atau jika OS 64bit dan Office 32bit silahkan unduh Quran in ms word versi 32bit.

Tetapi jika Anda menggunakan OS 32bit dan Office 32bit unduh Quran in ms word yang versi 32bit saja, karena OS (Operasi sistem) 32bit tidak bisa diinstal aplikasi versi 64bit.

Cara Instal dan Penggunaannya

1. Sebelum menginstal aplikasi ini, harap tutup dulu lembaran Microsoft Office jika Anda masih menggunakannya. Setelah itu instal aplikasi tersebut sebagaimana biasa Anda menginstal sebuah aplikasi di laptop/komputer.

2. Jika Aplikasi sudah terinstal dengan benar, nanti akan muncul menu Add-ins tambahan di sebelah tengah kanan atas pada lembar ms word Anda (lihat gambar 0.1).

Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Gambar 0.1

3. Untuk penggunaannya, silahkan klik menu Add-in tadi, nanti akan muncul Tab yang berisi Menu Commands dan mode pilihan input Al-Quran, pilih General--> Get Arabic or Translation of Al-Quran. Nanti akan muncul sebuah kotak (box) pilihan seperti di bawah ini (gambar 0.2)

Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Gambar 0.2

4. Jika Anda hanya ingin menginput ayat atau surah dalam Al-Quran tanpa terjemahannya centang tombol Al-Qur’an saja. Pilih ayat berapa yang akan diinputkan ke dalam lembar ms word (perhatikan gambar 0.3 dan hasilnya gambar 0.3.1)


Aplikasi Quran in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Gambar 0.3

Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Hasil; Gambar 0.3.1

Atau jika Anda ingin menginput ayat/surah Al-Qur’an sekaligus terjemahannya, centang tanda Al-Quran, Translation dan terjemahannya di box (kotak) paling bawah (lihat gambar 0.4 dan hasilnya gambar 0.4.1)


Aplikasi Quran in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Gambar 0.4

Aplikasi Qur’an in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya
Hasil; Gambar 0.4.1

Alhamdulillah, dari sini Anda sudah bisa menginput/memasukkan ayat atau surah pilihan dalam Al-Qur’an pada lembar ms word sesuai keinginan Anda.

Demikian aplikasi Quran in ms word gratis beserta tutorial ringkas yang dapat admin share, semoga bermanfaat. Jika ada kesempatan, tunggu tutorial-tutorial menarik lainnya, sekian, wassalamu’alaikum.wr.wb. *Indra AE

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Quran in Ms Word Ver.2.2 dan Cara Penggunaannya"

Post a Comment